Edukasi Dalam Kesehatan Itu Sangat Penting

EDUKASI DALAM KESEHATAN MANUSIA
1. Pengertian Edukasi
         Edukasi adalah proses pembelajaran yang dilakukan secara formal dan non formal kepada seseorang atau lebih dari satu orang baik secara bersama-sama dalam bidang edukasi kesehatan dan perilaku, tekanan muncul pada tahun 1970an dan 1980an pada perilaku individu sebagai penentu status kesehatan.atau secara individu.
        Sejak 40 tahun belakangan ini, para pemimpin dalam edukasi kesehatan telah berulang kali mengajukan keluhan tentang pentingnya ekonomi, politik dan faktor sosial sebagai penentu kesehatan.  Edukasi kesehatan membutuhkan yang namanya pengetahuan, sikap, tujuan, dan aspek-aspek lain tentang kesehatan yang bisa digunakan oleh masyarakat. Kesehatan individu tidak bisa eksis jika kondisi sosial tidak mendukungnya.
 
              

    Pendidikan kesehatan adalah profesi yang mendidik masyarakat tentang kesehatan. Wilayah di dalam profesi ini meliputi kesehatan lingkungan, kesehatan fisik, kesehatan sosial, kesehatan emosional, kesehatan intelektual, dan kesehatan rohani.

Perilaku bisa menjadi penyebab utama masalah kesehatan sekaligus solusi utama bagi kesehatan Anda. Semua itu tergantung dari diri Anda, termasuk pengetahuan yang Anda dapatkan. Karena itu, edukasi kesehatan sangat perlu dilakukan. Menurut Dr. dr. Herqutanto, MPH, MARS, dari Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, edukasi  kesehatan merupakan bagian dari promosi kesehatan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki perilaku hidup sehat dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.
 


Kunjungi artikel teman anda:
1. Lilik Fania 
2. Yulinda Rahmawati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Edukasi Gizi Ini Sangat Berkualitas Buat Semua Kalangan

Pendidikan Itu Sangat Penting